Tulisan Ke-50



Di awal tahun 2016 ini aku sempat membuat daftar #revolusidiri2016.  Ada tujuh poin di daftar itu yang berusaha aku wujudkan, dan salah satunya adalah aku harus menulis minimal 50 tulisan di blog-ku ini.  Linknya ada di bawah:

Mengapa aku menulis?
Aku percaya bahwa manusia hidup di dunia ini tidak sebatas numpang lewat saja. Manusia harus memiliki sesuatu yang diwariskan untuk anak cucunya kelak.  Manusia yang namanya akan abadi adalah mereka yang memiliki karya.  Aku tidak pandai menggambar.  Suaraku jelek kalau bernyanyi.  Tidak ada alat musik yang bisa aku mainkan.  Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah tulisan.  Aku bisa menulis, maka aku menulis. Semua orang bisa menulis.  Tapi tidak semua orang bisa menghasilkan tulisan yang baik.  Entah secara struktur atau secara hikmah.  Dari menulis aku banyak belajar. Menulis adalah sesuatu yang bisa kita pelajari selama kita hidup di dunia.  Tidak terbatas umur, tidak terbatas ruang dan waktu.

Tahun 2015 lalu aku bisa menulis 30 hari berturut-turut.  Aku bahkan sempat menulis sebuah buku yang aku terbitkan secara mandiri.   Tapi tahun ini, menyelesaikan 50 tulisan dalam setahun saja aku merasa keteteran.  Susah sekali rasanya mendapat ide untuk dijadikan sebuah tulisan.  Ditambah lagi aku harus menyelesaikan tugas akhirku yang sempat terabaikan. 

Seperti komitmenku di awal, angka 50 adalah jumlah minimal.  Aku mungkin akan menulis beberapa tulisan lagi sampai tahun 2016 ini berakhir.  Aku harus tetap menulis, meskipun belum tentu ada orang yang mau membacanya. Telah kukatakan tadi, manusia harus memiliki warisan untuk ditinggalkan.  Semoga tulisan-tulisanku di blog ini menjadi warisan yang bermanfaat untuk penerusku di waktu yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar