Review Film: Pay It Forward

http://www.imdb.com/title/tt0223897/mediaviewer/rm1417844992?ref_=tt_ov_i

Judul                 :  Pay It Forward
Tahun Tayang    : 2000
Sutradara          : Mimi Leder
Pemeran Utama : Haley Joel Osment (Trevor McKinney)
                           Helen Hunt (Arlene McKinney)
                           Kevin Spacey (Eugene Simonet)

Film yang diangkat dari novel karya Catherine Ryan Hyde ini bercerita tentang seorang anak berusia 11 tahun yang bermimpi mengubah dunia.  Berawal dari tugas yang diberikan gurunya di kelas dengan tema "Think of an idea to change our world--and put it into action", Trevor McKinney (diperankan oleh Haley Joel Osment) memiliki gagasan yang dinamainya Pay it Forward.  Pay it Forward sendiri adalah gagasan untuk menolong 3 orang yang sedang dalam kesulitan besar dan memerlukan orang lain untuk menolongnya.  3 orang yang kita tolong itu harus melakukan kebaikan  kepada 3 orang berikutnya sebagai balasan atas pertolongan yang ia terima.  Begitu seterusnya.  terus berantai.

Target pertama Trevor adalah Jerry, seorang gelandangan dan pecandu narkoba.  Trevor menolong Jerry dengan memberinya makan, membiarkannya menginap di garasi selama beberapa hari, dan memberi Jerry sejumlah uang yang digunakannya untuk membeli baju dan sepatu.  Dengan baju dan sepatu itu Jerry akhirnya mendapat pekerjaan.  Namun, Jerry ternyata tidak bisa melepaskan diri dari ketergantungan narkoba.

Target selanjutnya adalah gurunya sendiri, Mr. Simonet.  Travor berusaha menjodohkan Mr.  Simonet dengan ibunya sendiri.  Namun sayang, ketika ayah Trevor kembali, Mr.  Simonet tidak berani untuk mengambil tindakan dan memilih untuk pergi menjauh.

Target ketiga adalah temannya sendiri, Adam, yang selalu mendapat gangguan dari anak lain.  Ketika Adam diganggu, Trevor tidak bisa menghentikannya.

Trevor menganggap Pay It Forward gagal.  Dia berpikir dia bahkan tidak bisa membantu tiga orang targetnya.  Padahal, di luar itu, ternyata Pay It Forward berjalan dan berhasil membantu banyak orang. 

Gagasan Pay It Forwar yang dimunculkan dalam cerita adalah gagasan yang sederhana tapi mampu memberi efek yang besar.  Bayangkan bila semua orang di dunia mempraktikannya.  Dunia pasti menjadi lebih baik. Dunia ini berjalan dengan sebuah sistem.   Masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Gambar diambil dari sini

0 komentar:

Posting Komentar