Who Am I

Who am I adalah sebuah film yang dibintangi Jackie Chan dan tayang tahun 1998.  Film ini bercerita tentang agen Hongkong yang mengalami hilang ingatan dan terbangun di tengah suatu suku di Afrika. Ketika terbangun, Agen Hongkong itu tidak mengingat namanya dan terus bertanya siapa dirinya. "Who am I?" Suku Afrika yang menyelamatkannya tidak bisa berbahasa Inggris dan mengira "Who am I?" adalah nama agen itu.  Who Am I kemudian terus mencari siapa dirinya hingga berbagai peristiwa silih berganti menghampirinya.

Cukup.  Bukan itu sebenarnya yang ingin aku tulis.
"Who am I?" atau "Siapakah aku ini?" adalah pertanyaan dasar yang mungkin setiap manusia pernah mempertanyakannya. Semenjak masih kecil mulai dari memiliki pikiran sampai mati nanti, atau bahkan  setelah dikubur nanti, pertanyaan itu bisa saja masih muncul dan menghantui. Tiap hari, tiap bangun tidur, sampai tidur lagi, aku berusaha mencari jawaban dari pertanyaan itu.  Dan seringnya, aku kesulitan menjawabnya.

Who am I?
Aku terbiasa menjalani hidup dengan "let it flow", mengalir begitu saja, hingga suatu ketika aku melihat temanku berganti foto profil BBM dengan dirinya telah berseragam kantornya, atau orang lain yang telah berhasil menjelajah keindahan Indonesia, dari satu daerah ke daerah lain, atau orang lain yang sedang mengangkat piala atau medali atas prestasinya yang membanggakan.  Ketika itu, pertanyaan "Siapakah aku ini" tiba-tiba semakin panjang dan membawa embel-embel "Apa yang telah aku capai di dunia ini?". Menyebalkan!

Orang paling menyedihkan di dunia ini adalah orang yang tidak tahu harus pergi kemana.  Dan orang yang lebih menyedihkan dari itu adalah orang yang tidak tahu harus pulang ke mana.
Dan aku masih saja diam di tempat ini.


0 komentar:

Posting Komentar