Hicksaw Ridge


Judul                  : Hicksaw Ridge
Tahun Tayang     : 2016
Sutradara           : Mel Gibson
Pemeran Utama  : Andrew Garfield (Desmond Doss)
                            Sam Worhington (Captain Glover)
                            Vince Vaughn (Sgt Howell)
                            Teresa Palmer (Dorothy Schute) 

Latar cerita terjadi pada saat perang dunia II. Desmond kecil berkelahi dengan kakaknya yang berujung Desmond memukul kepala kakaknya dengan batu dan hampir menyebabkannya tewas.  Desmond menyadari salah satu larangan Tuhan-nya adalah tidak boleh membunuh.  Ayah Desmond, Tom Doss adalah tentaara pada masa perang dunia I. Sekembali dari medan perang, Tom Doss menjadi pemabuk berat.  Dia sering berlaku kasar kepada ibunya, Bertha Doss.  Ketika ayah dan ibu Desmond bertengkar hebat, Tom Doss menodongkan pistol ke arah Bertha namun untungnya pistol itu bisa direbut Desmond.  Desmond balik menodongkan pistol itu kepada ayahnya namun emosi Desmond cepat mereda dan tidak jadi menembak ayahnya.  Sejak saat  itu, Desmond bertekad tidak mau menyentuh senjata lagi.

Ketika sedang memperbaiki gereja, Desmond melihat kecelakaan mobil.  Korban kecelakaan masih hidup dan Desmond berhasil membawanya ke rumah sakit.  Di sanalah Desmond pertama kali bertemu dengan Dorothy Schute yang kemudian menjadi kekasihnya.  

Desmond tercatat sebagai orang yang menentang perang.  Namun keganasan PD II membuatnya ingin mendaftar menjadi tentara.  Desmond ingin menjadi petugas medis yang menyelamatkan banyak tentara di medan perang.  Di tempat pelatihan, Desmond mendapat perlakuan tidak mengenakan karena dia kukuh tidak mau memegang senjata.  Para petinggi dan teman-teman tentaranya menganggap Desmond pengecut dan hanya akan membahayakan dirinya dan orang lain jika Desmond tetap menjadi tentara.  Namun itu semua sama sekali tidak menyurutkan tekad dan prinsipnya.  Desmond tetap ingin menjadi tentara dan tidak mau memegang senjata.  Akhirnya, Desmond menjadi satu-satunya tentara yang pergi ke medan perang tanpa membawa senjata.

Kesatuan yang dipimpin Captain Glover bertugas merebut tebing Hacksaw dari penguasaan tentara Jepang.  Desmond termasuk salah satu tentara di dalamnya yang bertugas sebagai tenaga medis. Awalnya tentara AS berhasil memukul mundur lawan.  Ketika fajar terbit, tentara Jepang melakukan serangan balasan yang mengejutkan tentara AS.  Banyak tentara AS terluka dan meninggal yang akhirnya mereka harus menuruni tebing Hacksaw.  Di tengah penyerbuan itu Desmond terus berusaha menyelamatkan tentara lainnya.  Dia bahkan masih berada di tebing ketika semua tentara AS telah kembali ke pangkalannya.  Di atas, Desmond terus mencari tentara yang masih hidup dan bisa diselamatkan.  Desmond bekerja sampai malam datang. Sebanyak 75 orang berhasil diselamatkan Desmond sendirian. Keberaniannya ini membangkitkan semangat juang tentara lain dan akhirnya tebing Ricksaw pun berhasil diduduki.  Jepang kalah dalam pertempuran.  Desmond mendapatkan penghargaan atas keberaniannya ini.

Hacksaw Ridge diangkat dari kisah nyata.  Desmond Doss menjadi salah satu pahlawan bagi Amerika. Desmond menjadi orang pertama penentang perang yang mendapat anugerah penghargaan tertinggi Amerika untuk keberanian perang.  Desmond dan Dorothy kemudian menikah hingga Dorothy meninggal tahun 1991.  Hingga saat ini, keberanian Desmond terus diingat oleh rakyat Amerika.

Hacksaw Ridge tidak hanya menyuguhkan cerita tentang kejamnya perang.  Film ini juga menyajikan drama dan mengajarkan banyak keteladanan pada kita yang salah satunya adalah untuk memegang teguh apa yang kita yakini kebenarannya.  Betapapun besarnya hal  coba merubah kita menjadi orang lain, kita harus teguh memegang prinsip

Gambar diambil dari sini

0 komentar:

Posting Komentar