Napak Tilas





Minggu pagi aku pergi ke kampus untuk lari pagi. Sudah dua minggu terakhir aku rutin melakukan kegiatan ini di hari minggu. Meski bangun tidur tadi sempat bimbang karena badan sedikit pegal, aku memaksakan diri pula untuk berangkat.

Cuaca cerah. Matahari belum begitu terik. Udara masih sangat segar. Tumben hari ini aku berhasil melaksanakan lari satu putaran lebih tanpa kelelahan berarti.  Padahal hari kemarin aku habis jalan jalan ke Curug Putri bersama kawan kawan. Selain jarak dari parkiran menuju curug jauh sekali, jalanan yang naik turun membuat napas kami sempat tersengal. Tapi mungkin justru perjalanan itulah yang membuat otot kakiku dan napasku sedikit lebih kuat pagi ini.

Setelah kelelahan, aku beristirahat sambil melemaskan otot otot dengan berjalan menuju pendopo dekat gedung rektorat. Sesampainya di sana, aku langsung duduk beristirahat.  Di sini terpasang wifi. Tapi mungkin karena ini hari libur,  koneksinya dimatikan oleh pihak kampus.  Namun karena hal itu, aku jadi cepat cepat pulang.

Di perjalanan pulang, aku melewati parkiran dan taman rektorat, tempat pertama kali aku menginjakkab kaki di kampus ini lima tahun silam. Lima tahun lebih berselang, memori waktu itu masih terputar dengan jelas di kepala. Di tempat itu dulu mobil yang mengantarku diparkir. Di tempat itu adik sepupuku dulu muntah ketika baru turun dari mobil karena mabuk darat. Di tempat itu dulu keluargaku duduk beristirahat setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan.

Dulu memang kampus ini bukan pilihan pertamaku untuk berkuliah. Aku bahkan tidak pernah berpikir untuk mau belajar di sini.  Alhasil,  awal-awal kuliah aku belajar tidak dengan sepenuh hati. Sekarang, sulit sekali rasanya untuk terlepas dari tempat ini. Statusku sebagai alumni tidak menjadikanku untuk segan masuk ke kampus meski hanya hari libur saja. Entah bagaimana nanti setelah aku bekerja dan tidak lagi tinggal di kota ini.  Mungkin kalau tempat kerjaku tidak begitu jauh, aku akan sering sering main ke sini.

0 komentar:

Posting Komentar