Balada Mahasiswa Tingkat Akhir

Day 14
********


Dua minggu sudah aku menantang diri sendiri untuk menulis setiap hari selama sebulan penuh.  Menulis apa saja yang ada di pikiranku.  Di hari ke empat belas ini aku berpikir, aku melakukan ini untuk apa?  Apa gunanya untukku?  Banyak kegiatan dan pekerjaan lain yang sebenarnya bermanfaat bagiku, salah satunya adalah mengerjakan tugas akhir kuliah yang sampai saat ini mandeg, tidak ada kemajuan sama sekali. 

Namun semakin berusaha menyangkalnya, aku semakin ingin menulis.  Aku ingin mengalahkan diriku.  Aku ingin membuktikan pada diri sendiri bahwa aku bisa.  Aku bisa menulis setiap hari selama sebulan penuh, meski harus sedikit mengorbankan dan mengabaikan tugas akhirku.  

Hingga saat ini  tidak ada seorang pun yang berhasil memahami apa yang ada di kepalaku, terlebih teman-teman sekelas yang selalu beranggapan bahwa aku maniak media sosial, aku adalah seorang penggalau yang stuck dan hanya bisa menumpahkan segala isi hatinya ke dalam status medsos.  Tapi tenang saja, aku tidak akan menyalahkan mereka.  Aku tidak akan bersikap seperti mereka.  Aku akan mencoba memahami mereka bahwa tidak sepenuhnya orang-orang itu mengenal siapa aku sebenarnya sehingga mereka hanya bisa menghakimi diriku berdasarkan apa yang mereka lihat dan mereka rasa saja. Seperti pepatah bilang, kan, langit saja tidak menjelaskan bahwa dirinya tinggi.

Mengenai menulis, aku memahami betul bahwa bakat menulis tidak benar benar ada di dalam diriku. Aku hanya orang yang berandai andai bisa menulis. Itu saja.  Jadi aku belajar menulis.  Toh dari dulu aku menulis untuk diriku sendiri.  Bila ada orang yang mau membaca, terlebih memahami tulisanku, aku anggap itu sebagai bonus saja.  Bukan tujuan utama.

Jadi, silakan mau berkata apa, aku ingin tetap menulis.




0 komentar:

Posting Komentar